Drew Barrymore Biography


Cantik, berpengalaman, dan berbakat. Itulah Drew Blyth Barrymore. Puluhan film telah menjadi bukti kesuksesan Drew Barrymore dalam menapaki karir di jagat perfilman Hollywood. Bahkan ia sudah mulai merambah ke belakang layar dengan menjadi sutadara dan produser film. Semua itu ia jalani tanpa muluk-muluk. Bermula dari aktingnya di serial televisi E.T. (Extra Terrestrial), perlahan namun pasti namanya mulai dikenal publik sejagat karena kepiawaiannnya tampil di layar lebar.

Drew Barrymore rupanya memang dilahirkan untuk berakting. Bakat akting Drew Barrymore ini mengalir dari darah keluarga Barrymore. Aktris kelahiran 22 Februari 1975 di Culver City, California, ini merupakan putri pasangan aktor John Barrymore dan aktris Jaid Barrymore. Kakek, nenek, buyut, paman, bibi, dan keluarga besarnya sudah berkecimpung di dunia perfilman pada masanya, dan juga menjadi idola. Kakak lelakinya juga seorang aktor. Ia sendiri juga merupakan anak baptis sutradara gaek Steven Spielberg.

Tak heran jika sejak kecil wajahnya sudah sering muncul dalam beberapa kesempatan di layar kaca. Bahkan, di umur sebelas bulan wajah imut Drew Barrymore sudah nongol untuk sebuah iklan produk makanan anjing. Debut film pertamanya adalah Altered States (1980), di mana ia baru mendapat peran kecil. Setahun kemudian ia memerankan Gertie, adik Elliot dalam serial E.T. Dari sana namanya mulai dikenal. Ia sempat masuk dalam jajaran nominasi aktris pendukung terbaik di Golden Globe Award tahun 1984 untuk perannya sebagai anak korban perceraian orangtua di film Differences.

Seperti tertulis dalam otobiografinya, Little Girl Lost (1990), masa kecilnya ditandai dengan penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan alkohol, bahkan sempat dua kali masuk panti rehabilitasi. Sebagai gadis kecil yang terkenal, ia seakan terlena dengan ketenaran dan terjerumus dalam pergaulan yang kurang baik.

Di umurnya yang baru sembilan tahun ia mulai merokok. Beranjak ke umur sebelas tahun ia mulai keranjingan minum alkohol. Belum puas sampai di situ, ia pun mulai mengenal ganja dan heroin di tahun-tahun berikutnya. Kehidupan malam dan kebiasaannya berpesta menjadi bulan-bulanan media pada saat itu.

Sampai pada akhirnya ia masuk panti rehabilitasi di umur 13 tahun. Sempat bebas, namun karena percobaan bunuh diri di tahun berikutnya ia kembali dimasukkan ke panti rehabilitasi dan dilanjutkan dengan tiga bulan masa pemulihan untuk tinggal bersama David Crosby dan istrinya. Menurut Crosby, Barrymore perlu tinggal dalam suasana dan lingkungan yang tidak mabuk dan benar-benar tenang. Setahun kemudian ia pindah untuk tinggal di sebuah apartemen dan sejak saat itu kecanduannya akan narkoba dan alkohol tak pernah kambuh lagi.

Dari masa kecil yang agak suram itu, ia sukses membuat perubahan dari bintang kecil menjadi aktris dewasa yang berbakat. Berbagai judul film ia mainkan, termasuk di antaranya Poison Ivy, Bad Girls, Boys on The Side, dan Everybody Says I Love You. Sejak itu ia lebih sering membintangi film dengan tema komedi romantis. Sebut saja The Wedding Singer, Lucky You, 50 First Dates, serta Music and Lyrics.

Drew pernah dua kali berpose bugil dalam sampul majalah Playboy bersama tunangannya saat itu, aktor Jamie Walters. Terang saja hal itu mengundang reaksi sang ayah baptis, Steven Spielberg. Pada ulang tahun Barrymore yang ke 20, Spielberg mengirimkan catatan kepada Barrymore bertuliskan “Tutupi Dirimu”. Alhasil, salinan foto-foto di majalah tersebut diperbaiki sehingga akhirnya Barrymore tampil dengan baju lengkap. Pada tahun 1992 ia menjalani operasi penyusutan payudara.

“Ada hal yang sangat aneh dari wanita dan payudara. Para lelaki sering sekali memperhatikan itu. Ketika itu terlalu besar, punggung terasa sakit, apapun yang saya pakai terasa berat, dan itu tidak nyaman,” ujar Barrymore.

Pada tahun 1995 ia dan rekannya Nancy Juvonen bergabung dalam produksi perusahaan Flowers Film. Dari situ lahirlah film-film Barrymore seperti Never Been Kissed (1999), Charlie’s Angels, 50 First Date, Music and Lyrics, serta film horror Scream. Proyek film Barrymore lainnya yang masih produksi Flowers Film antara lain He’s Just Not That In To You, Beverly Hills Cihuahua, dan Everybody’s Fine. Berkat kesuksesannya di jagat Hollywood itulah, ia sempat menerima bintang dari Hollywood Walk of Fame pada 3 Februari 2004. Di tahun 2006 ia pernah menduduki peringkat kedua aktris dengan pendapatan tertinggi versi laporan The Hollywood.

Pada Februari 2007 ia menjadi pemandu acara Saturday Night Live (SNL) untuk kelima kalinya. Penampilannya menjadi pemandu acara SNL pada 10 Oktober 2009 membuatnya menjadi artis termuda pertama yang paling sering memandu acara tersebut. Tahun 2007 wajahnya semakin sering muncul di sampul majalah ternama dunia, menjadi model terbaru CoverGirl, dan juru bicara produk perhiasaan Gucci.

Di tahun yang sama ia bahkan sempat berada di urutan teratas daftar wanita tercantik versi majalah PEOPLE. Meski demikian, kesuksesan dan ketenarannya tak membuatnya tinggi hati dan lupa diri. Jiwa sosialnya terpanggil untuk ikut bergabung dengan badan kesehatan dunia. Barrymore pernah menjadi duta pangan PBB sebagai duta melawan kelaparan untuk badan kesehatan dunia. Ia menyumbangkan lebih dari satu juta dolar untuk program tersebut.

Karirnya sebagai sutradara dimulai dengan mengarahkan film Whip It yang dirilis Oktober 2009 dan dibintangi Ellen Page dan Marcia Gay Harden, di mana ia juga ikut tampil dalam film tersebut. Baru-baru ini ia mendapat penghargaan dari ajang Screen Actors Guild Award dan Golden Globe Award sebagai aktris terbaik dalam miniseri atau film televisi Grey Gardens. September 2010 ia telah sepakat untuk tampil dalam film Bollywood besutan sutradara India, Kumar Jain, yang akan dirilis 2012 nanti.

Kesuksesan karir rupanya tidak berbanding lurus dengan kesuksesan percintaannya. sejak remaja hingga kini umurnya 35 tahun, Barrymore belum juga mendapat cinta sejati. Dua kali gagal membina rumah tangga, dan sampai kini pun ia masih sering putus nyambung dengan sederet nama. Ia pernah menikah dengan Jeremy Thomas di tahun 1994, namun pernikahan itu hanya bertahan sebulan.

Tahun 2001 ia menikah lagi dengan Tom Green, namun, setahun kemudian mereka bercerai. Sejak itu, ia dikabarkan menjalin cinta dengan penabuh drum band The Stroke, Febrio Morelli. Lima tahun berpacaran, akhirnya kandas di tahun 2007. Akhir-akhir ini ia dikabarkan kembali menjalin hubungan dengan Justin Long, lawan mainnya di film terbaru, Going The Distance. Sebelumnya mereka pernah berpacaran namun sempat putus di tengah jalan pada tahun 2008. Rumor yang berkembang mengatakan hubungan mereka kembali dipersatukan di tahun 2009 lewat syuting film yang kini sedang tayang di Indonesia itu.



Nama: Drew Barrymore
Tanggal lahir: 22 Feb 1975
Zodiak: Pisces
Lahir di: California