Tom Cruise Biography


Salah satu aktingnya yang paling dikenang yakni ketika dia memerankan saudara dari karakter autis Dustin Hoffman dalam Rain Man. Aktor Tom Cruise merupakan salah satu bintang film kesayangan sepanjang era 1980-an. Kombinasi rambut hitam dan mata biru, karir Cruise menanjak melalui peran dalam Top Gun dan Rain Man. Meski popularitasnya meredup pada akhir 1990-an, Cruise kembali menarik perhatian penonton lewat peran dalam film aksi Mission Impossible. Cruise juga membuktikan kemampuan aktingnya dalam film drama Magnolia dan Jerry Maguire.

Cruise lahir dengan nama Thomas Cruise Mapother IV pada 3 Juli 1962 si Syracuse, New York, Amerika Serikat (AS). Saat kecil, dia tinggal berpindah-pindah bersama keluarganya.

Sebelum menjadi aktor, Cruise sempat menjadi pegulat ketika duduk di bangku kelas menengah. Dia mulai mempelajari seni peran setelah mengalami cedera lutut.

Akting mampu menghadirkan perhatian bagi Cruise. Selain itu, akting merupakan bagian terapi untuk mengatasi dyslexia (kelainan mengenali huruf) yang diidap Cruise.

Cruise menjalani beberapa pekerjaan setelah pindah ke New York pada 1980. Dia mendapat peran pertama kali dalam film layar lebar, Endless Love (1981). Kemudian Cruise mulai dikenal ketika menari-nari dengan hanya mengenakan pakaian dalam di film Risky Business (1982).

Laman New York Times menulis media massa Hollywood mengecap Cruise sebagai bagian dari kelompok aktor berusia 20-an yang akan merajai bisnis perfilman pada awal 1980-an, Brat Pack. Namun Cruise menunjukkan dia berbeda dengan memilih peran yang bermutu, bukan hanya sebagai remaja yang resah seperti anggota Brat Pack lainnya.

Cruise mendapat predikat sebagai aktor film aksi setelah bermain dalam Top Gun (1985). Tapi dia menolak pengategorian itu dan lagi-lagi memilih peran berbeda dalam The Color of Money (1986). Lawan main Cruise, Paul Newman, mendapat piala Oscar sebagai pemain pendukung terbaik.

Salah satu akting Cruise yang paling dikenang yakni ketika dia memerankan saudara dari karakter autis Dustin Hoffman dalam Rain Man (1988). Saat itu, pengamat memberikan seluruh pujian atas kesuksesan film itu kepada Hoffman.

Namun jika diamati lebih seksama, Cruise-lah sentral film tersebut. Pribadi karakter Cruise berkembang semakin dewasa sementara pribadi tokoh yang diperankan Hoffman cenderung statis hingga akhir film.

Pada 1989. Cruise mendapat peran pertama tanpa bayang-bayang aktor senior dalam Born on the Fourth of July. Permainannya sebagai veteran perang Vietnam, Ron Kovic, kerap dianggap sebagai performa terbaik Cruise.

Sayangnya, keberhasilan ini tidak berlanjut dalam film Cruise selanjutnya, Far and Awal (1990). Tapi Cruise kembali memukau dalam A Few Good Men (1992).

Dua tahun kemudian, Cruise memerankan vampir Lestat dalam film adaptasi novel Anne Rice, Interview with the Vampire. Awalnya, Rice menolak Cruise untuk karakter Lestat namun dia menarik keberatannya tersebut setelah menyaksikan akting Cruise.

Pada 1996, film aksi Mission: Impossible yang dibintangi Cruise berhasil mengeruk keuntungan besar. Cruise juga terus membuktikan kemampuannya dan beradu kepiawaian berakting dengan Renee Zellweger dalam Jerry Maguire. Melalui film drama romantis itu, Cruise menjadi salah satu nominator peraih Oscar untuk kategori pemeran utama pria terbaik.

Cruise membintangi film terakhir sutradara Stanley Kubrick, Eyes Wide Shut, pada 1999. Film ini mendapat sambutan beragam dari kritikus film dan pujian atas akting Cruise.

Posisi Cruise sebagai aktor tangguh semakin solid pada akhir 1999 ketika dia bermain dalam Magnolia karya sutradara Paul Thomas Anderson. Setahun kemudian, Cruise muncul dalam sekuel Mission: Impossible buatan John Woo. Film ini menjadi salah satu film yang sukses meraup pendapatan besar sepanjang tahun.

Cruise kembali bekerja sama dengan sutradara Jerry Maguire, Cameron Crowe dalam film Vanilla Sky. Surealisme film yang merupakan remake dari film Abre los Ojos besutan sutradara Spanyol, Alejandro Amenabar, ini mengundang berbagai tanggapan.

Cruise memanen keberhasilan bersama sutradara Steven Spielberg dalam film fiksi-sains Minority Report. Film yang diadaptasi dari cerita pendek karya Philip K. Dick ini mencetak sukses di tangga box office. Cruise kembali dinominasikan sebagai pemain utama terbaik dalam ajang penghargaan Academy Award setelah membintangi The Last Samurai karya Edward Zwick.

Lalu untuk pertama kalinya, Cruise mengambil peran antagonis sebagai pembunuh bayaran psikopat dalam film thriller psikologis buatan Michael Mann, Collateral. Keputusan ini mendatangkan sambutan positif dari pengamat sinematografi.

Spielberg dan Cruise kembali bertemu dan bekerja sama dalam film adaptasi cerita H. G. Wells, War of the World (2005). Namun kesuksesan film ini dibayangi kesan negatif yang mulai muncul setelah Cruise mulai terang-terangan menyuarakan kepercayaannya akan ajaran Saintologi.

Saintologi merupakan kepercayaan yang dikembangkan penulis fiksi-sains, L. Ron Hubbard. Selain mengaku bahwa dia menganut Saintologi, Cruise mengecam aktris Brooke Shield yang mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi depresinya.

Menurut Cruise, obat antidepresan dan ilmu psikologi sangat tidak bermoral dan tidak dibutuhkan. Dia bahkan menyatakan ilmu psikologi sebagai ilmu Nazi dalam wawancara dengan Entertainment Weekly.

Dalam wawancara untuk The Today Show bersama Matt Lauer pada 24 Juni 2005, Cruise berkeras bahwa psikiatri merupakan ilmu palsu. Sementara dalam wawancara dengan harian Jerman, Der Spiegel, Cruise menyatakan bahwa hanya Saintologi yang memiliki satu-satunya program rehabilitasi obat-obatan yang pasti berhasil.

Perubahan perilaku dan asmara yang dijalin Cruise dengan aktris muda, Katie Holmes, mengubah opini publik mengenai Cruise. Pasangan ini mengumumkan pertunangan mereka pada awal 2005.

Antusiasme Cruise terhadap hubungan ini kembali membangkitkan rasa penasaran atas stabilitas mentalnya. Dia membuat kejutan ketika mendadak melompat-lompat di atas sofa untuk mengumumkan cintanya kepada Holmes dalam acara Oprah Winfrey Show, 23 Mei 2005.

Sebagian besar kritikus menduga aksi Cruise hanyalah bagian dari upaya publikasi menjelang penayangan film War of the World. Beberapa pihak menilai antusiasme berlebih Cruise ini menyebabkan dia ditinggal penggemar.

Awan suram menaungi ketika film ketiga Mission: Impossible dirilis pada awal 2006. Sejumlah pengamat bahkan menyatakan film ini ditonton karena rasa penasaran pemirsa akan kehidupan pribadi Cruise.

Bersamaan dengan dirilisnya film tersebut, Holmes melahirkan putri pertamanya dengan Cruise, Suri. Beberapa bulan kemudian, pasangan ini menikah.

Cruise mengambil langkah bisnis besar pada November 2006 dengan mengambil alih studio United Artist bersama rekan kerjanya, Paula Wagner. Studio ini didirikan pada 1921 oleh Douglas Fairbanks dan Charles Chaplin. Sebelum diambil alih, United Artist dimiliki Kirk Kerkorian.

Cruise dan Wagner mengumumkan bahwa mereka berencana menghidupkan kembali studio yang terpuruk akibat sebuah skandal pada awal 1980-an ini. Wagner akan bertindak sebagai Kepala Eksekutif Korporat sedangkan Cruise menangani produksi film.

Induk perusahaan United Artist, MGM, memberikan pasangan pebisnis itu seluruh hak untuk mengembangkan produksi film. MGM juga menargetkan agar United membuat setidaknya empat film per tahun.

"Tom Cruise dan Paula Wagner adalah pondasi kuat untuk membangun citra United Artist yang merupakan surga bagi para pembuat film mandiri yang sejalan dengan tatanan studio modern MGM," kata pimpinan MGM, Harry Sloan.

Salah satu film pertama yang dibuat United Artist adalah Lions for Lambs. Cruise memproduseri dan membintangi film yang menuturkan politik di balik perang Irak ini.

Film United Artist selanjutnya yang juga dibintangi dan diproduseri Cruise adalah Valkyrie. Cruise berperan sebagai Kolonel Claus von Stauffenberg, pejabat Nazi yang berusaha membunuh Adolf Hitler selama masa Third Reich di Jerman.



Nama: Tom Cruise
Tanggal lahir: 03 Juli 1962
Status: Menikah
Zodiak: Cancer
Lahir di: New York
Ada kaitan dengan: Katie Holmes
Situs web: http://www.tomcruise.com
Account jejaring sosial: http://www.twitter.com/tomcruise

Tom Cruise Interview :