Adam Sandler Biography


Imej sebagai aktor komedi ‘slapstick' sempat hilang seiring kemunculan Sandler di beberapa film serius seperti "Punch-Drunk Love" yang dinominasikan dalam ajang Goden Globe. Siapa yang tak kenal Adam Sandler? Aktor senior yang sering membintangi beberapa film komedi ini, memang dikenal kocak dan memiliki pribadi yang menyenangkan. Lahir di Brooklyn, New York, Sandler berasal dari keluarga sederhana dari pasangan Judy, yang berprofesi sebagai guru TK dan Stanley Sandler, seorang Insinyur Listrik.

Sandler yang beragama Yahudi, saat usia 5 tahun dibawa keluarganya pindah ke Manchester New Hampshire, lalu ia bersekolah di Manchester Central High School. Saat memasuki bangku kuliah di New York University, Sandler baru menyadari minat dan bakatnya sebagai komedian setelah ia beberapa kali tampil melawak di club dan acara kampus. Sandler lulus kuliah dengan gelar Sarjana Seni di tahun 1988.

22 Juni 2003, Sandler menikah dengan aktris Jacqueline Samantha Titone dan dikaruniai dua orang putri yang cantik dan lucu, Sadie Madison Sandler, 3, dan Sunny Madeline Sandler,1. Sandler dan keluarganya hidup bahagia di Los Angeles, meski ia masih memiliki rumah pribadi di New York.

Dengan penghasilannya yang besar sebagai seorang aktor, Sandler yang berjiwa sosial selalu membuka tangannya untuk mendonasikan sebagian pendapatannya. Terbukti tahun 2007, Sandler menyumbangkan dana untuk ‘Boys and Girls Club' sebesar $1 Million dan masih di tahun yang sama, ia juga menjadi salah satu donatur untuk kampanye Presiden Republican Rudy Giuliaani.

Perjalanan Karir

Sandler memulai debut akting saat ditawari menjadi pemeran pendukung dalam TV seri fenomenal ‘The Cosby Show' (1987-1988). Kala itu ia bermain sebagai salah satu teman Theo Huxtable yang bernama Smitty. Di awal tahun berikutnya, karir Sandler untuk masuk ke dunia hiburan semakin lebar. Atas dorongan sang kakak, umur 17 tahun, Sandler memberanikan diri tampil sebagai komedian dari klub ke klub di Los Angeles.

Disanalah akhirnya ia bertemu dengan komedian senior, Dennis Miller. Miller pun tak tinggal diam dan memperkenalkan Sandler pada produser acara ‘Saturday Night Life',(SNL) Lorne Michaels. Dari perkenalan itu, Sandler akhirnya direkrut sebagai penulis untuk show tersebut, di tahun 1990. Di tahun berikutnya, ia mulai tampil sebagai Adam Sandler dan menghibur penonton lewat beberapa lagu termasuk "The Chanukah Song". Tahun 1995, Sandler yang diwawancara oleh Conan O'Brien dalam acara ‘The Tonight Show' mengakui kalau dirinya dan Chris Farley telah diberhentikan dari show SNL oleh NBC.

"Billy Madison" adalah film pertama yang membawa Sandler menjadi pemeran utama. Dalam film itu, Sandler berperan sebagai pria dewasa yang kurang berpendidikan dan agak terbelakang. Karakter protagonis yang diperankan Sandler nyatanya menuai kritik di beberapa kalangan. Banyak suara sumbang yang mengatakan, karakter Sandler kurang pas untuk melakoni peran serius.

Selanjutnya, Sandler kembali sukses memainkan film komedi seperti "Bulletproof" (1996), "Happy Gilmore" (1996) dan "The Wedding Singer" (1998). Film "Waterboy" (1996) sempat menjadi hits yang melejitkan nama sang aktor.

Imej sebagai aktor komedi ‘slapstick' sempat hilang seiring kemunculan Sandler di beberapa film serius seperti "Punch-Drunk Love" (2002) yang dinominasikan dalam ajang Goden Globe, "Spanglish" (2004) "Reign Over Me" (2007) dan "Big Daddy" (1999) yang mempertemukannya dengan sang istri, Jacqueline Samantha Titone.

Beberapa karya film pun masih dihasilkannya di tahun-tahun berikut. Sebut saja "I Now Pronounce You Chuck and Larry" (2007), "You Don't Mess with the Zohan" (2008) dan "Bedtime Stories" (2008), sebuah film fantasi yang bercerita tentang dongeng fantastis sebelum tidur. Untuk pertama kalinya pula Sandler bermain di dibawah bendera produksi Walt Disney.

Adam Sandler juga akan disandingkan dengan Jennifer Aniston dalam film bergenre komedi romantis "Just Go With It" yang skenarionya ditulis oleh Allan Loeb dan Tim Dowling. Film ini rencananya akan dirilis bulan Februari 2011.

Rumah Produksi Milik Adam Sandler

Sukses meraih ‘jam terbang' sebagai aktor, Adam Sandler tak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk mendalami ilmu di dunia film sekaligus berkecimpung sebagai pebisnis Rumah Produksi. Happy Madison Production adalah salah satu usaha Rumah Produksi yang didirikannya untuk bisa fokus berkarya membuat film.

Tahun 1999, adalah pertama kalinya Happy Madison Production menghasilkan film "Deuce Bigalow: Male Gigolo" yang dibintangi aktor komedi Rob Schneider. Setelah itu Happy Madison Production turut memproduksi beberapa film Sandler seperti "Reign Over Me" dan "Funny People".

Dalam mengelola Rumah Produksinya, Sandler juga kerap bekerjasama dengan Rob Schneider. Film-film Schneider yang diproduksi lewat Happy Madison Production, antara lain "The Animal" (2001), "The Hot Chick" (2002), "Deuce Bigalow: European Gigolo" (2005) dan "The Benchwarmers" (2006). Dalam beberapa film tersebut, Sandler sering tampil sebagai cameo.

Aktor Kevin Nealon (salah satu teman satu angkatan Sandler di Saturday Night Live) juga pernah membintangi 9 film hasil produksi Happy Madison Production, diantaranya "Happy Gilmore', "The Wedding Singer", "Little Nicky", "Joe Dirt", "Eight Crazy Nights", "Anger Management", "Grandma's Boy", "You Don't Mess with the Zohan" dan "The Master Disguise".



Nama: Adam Sandler
Tanggal lahir: 09 September 1966
Status: Menikah
Zodiak: Virgo
Lahir di: Brooklyn, New York
Situs web: http://www.adamsandler.com

Adam Sandler Interview :