Johnny Depp Biography


Menyabet berbagai nominasi Oscar, dan menjadi salah satu aktor dengan bayaran termahal sepanjang sejarah perfilman. Jalan panjang Johnny Depp untuk menjadi aktor ternama dipenuhi kerikil tajam. Cita-citanya untuk menjadi seorang bintang rock gagal sedari awal. Nekat terjun ke dunia sinema, pelan-pelan Depp membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi salah satu aktor papan atas Hollywood, menyabet berbagai nominasi Oscar, dan menjadi salah satu aktor dengan bayaran termahal sepanjang sejarah perfilman.

Awalnya, John Christopher "Johnny" Depp II dikenal sebagai idola remaja atas perannya dalam 21 Jump Street. Aktor serba bisa ini kemudian meraih reputasi sebagai seorang aktor dewasa yang dihormati. Lahir di Owensboro, Kentucky, Amerika Serikat, 9 Juni 1963, Depp tumbuh besar di Florida di tengah keluarganya. Mereka beberapa kali berpindah tempat tinggal. Orang tuanya bercerai saat Depp berusia 16 tahun.

Satu tahun setelah perceraian orang tuanya, Betty Sue Palmer dan John Christopher Depp, Sr., Depp berhenti sekolah dengan impian untuk meniti karir sebagai seorang musisi.

Depp mulai membentuk beberapa band garage, yang paling sukses adalah band The Kids yang pernah membuka konser Iggy Pop. Dia diperkenalkan ke dunia seni peran setelah pindah ke Los Angeles bersama istrinya saat itu yang mengenalkan dia pada aktor Nicolas Cage yang mendorong Depp untuk mencoba berakting.

Debut film aktor muda ini adalah A Nightmare on Elm Street tahun 1984 (bertahun-tahun setelah menjadi bintang, Depp menjadi cameo dalam seri terakhir Elm Street untuk bernostalgia). Film ini sangat sukses, tetapi Depp masih merasa bahwa masa depannya ada di bidang musik, bukan sinema. Namun dia terpaksa berpikir ulang ketika band The Kids tiba-tiba tercerai berai dan Depp tidak lagi memiliki band untuk mengejar impiannya menjadi pemusik rock.

Bintangnya bersinar tahun 1987 saat menggantikan Jeff Yagher untuk memerankan petugas kepolisian Tom Hanson dalam serial televisi Fox, 21 Jump Street (1987-1990). Biasa memerankan tokoh-tokoh tampan, Depp pertama kali diberi kesempatan untuk memerankan karakter melelahkan dalam film Edward Scissorhands (1990) besutan Tim Burton.

Menyusul kesuksesan Edward Scissorhands, Depp tampil gemilang dalam Benny & Joon (1993) di mana dia memerankan seorang pria muda bermasalah yang menganggap dirinya reinkarnasi Charlie Chaplin dan Buster Keaton, dan What's Eating Gilbert Grape (1993) sebagai tokoh utama, seorang pria muda yan tidak puas dengan kehidupannya di kota kecil.

Menyusul Gilbert Grape, Depp bermain dalam Ed Wood (1994). Di tahun yang sama, Depp kembali melatih kemampuannya dengan memerankan tokoh akuntan abad 19 dalam Dead Man. Dengan akting cemerlang sebagai agen FBI yang menyamar dalam Donnie Brasco besutan Mike Newell (1997) , Depp terus merangkak ke posisi atas Hollywood. Setelah membintangi film adaptasi Fear and Loathing in Las Vegas (1998), Depp mencoba berakting dalam film horor fiksi ilmiah The Astronaut's Wife (1999). Tahun itu juga, dia kembali berkolaborasi dengan Burton dalam Sleepy Hollow.

ASMARA

Meski reputasi Depp sebagai aktor brilian makin bertambah tahun demi tahun, tidak demikian kehidupan pribadinya. Dia terlibat dalam hubungan dengan supermodel Kate Moss, dan digosipkan sebagai pemabuk berat dan pengguna obat terlarang. Reputasi Depp anjlok saat aktor River Phoenix meninggal akibat overdosis obat di luar kelab malamnya, The Viper Room, di Los Angeles. Johnny Depp akhirnya berpisah dengan Kate Moss tahun 1998, dan segera sesudahnya bertemu penyanyi dan aktris Prancis, Vanessa Paradis. Mereka menjalin hubungan hingga sekarang.

Meski kehidupan pribadinya naik turun, keberuntungan Depp dalam karir makin bertambah sejak awal 1990-an. Setelah kesuksesan Donnie Brasco, Depp mendapat kesempatan menjadi sutradara untuk The Brave, film yang juga dibintanginya. Depp juga bertindak sebagai penulis skenario. Depp lalu menyutradari beberapa video klip untuk Vanessa.

Sleepy Hollow merupakan film yang sukses besar di Hollywood. Depp kemudian terlibat dalam film besutan Sally Potter, The Man Who Cried. Depp kembali sukses dengan bermain gitar untuk perannya sebagai Roux dalam Chocolat (2000) yang mengantarnya masuk ke dalam nominasi Oscar.

Setelah Chocolat, pemilik kebun anggur ini memainkan memerankan tokoh George Jung, baron kokain Amerika dalam film Blow, dan Inspektur Frederick Abberline, seorang polisi yang memiliki masalah obat-obatan dalam Jack the Ripper, dan bersama Robbie Coltrane dan Heather Graham dalam From Hell.

From Hell tidak menjadi film yang menggebrak. Namun film Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl yang dibintanginya mampu masuk box office pada 2004. Depp memerankan kapten kapal Jack Sparrow, dan total mencuri keseluruhan film dari aktor lain, Geoffrey Rush, dan dua kekasih Keira Knightley dan Orlando Bloom.

Depp disebut mendasarkan karakter Jack pada gitaris Rolling Stones, Keith Richards, dan sekali lagi memasukkan elemen humor ke dalam aktingnya yang membantu film tersebut menjadi blockbuster.

Menyusul ketenarannya dalam Pirates of the Caribbean, Depp memilih dua peran utama dalam dua film yang menarik perhatian kalangan muda. Dia memerankan karakter J M Barrie, penulis Peter Pan, dalam Finding Neverland. Akting brilian Depp dalam Neverland kembali membuatnya masuk nominasi Oscar. Tahun berikutnya, Depp kembali bersinar setelah bermain dalam film Tim Burton, Charlie and the Chocolate Factory di mana dia menjadi pemilik pabrik coklat, Willy Wonka.

Johnny Depp pernah mengatakan bahwa Kapten Jack Sparrow adalah karakter favoritnya dari semua karakter film yang pernah diperankannya. Dia pun kembali untuk sekuel Pirates of The Caribbean, Dead Man's Chest yang dirilis tahun 2006. Tidak seperti film sekuel lain, seri kedua "Pirates" ini lebih populer dibanding film aslinya, dan bahkan menjadi film ketiga dalam sejarah yang berhasil melampaui batas film box office internasional senilai US$1 miliar. Dua film lainnya adalah film James Cameron, Titanic, dan film besutan Peter Jackson, Lord of the Rings.

Setelah perannya dalam 'Fear and Loathing in Las Vegas' (1998), kecintaan Depp terhadap penulis dan jurnalis Amerika, Hunter S.Thompson membuatnya menerima peran sebagai narator dalam film dokumenter peraih penghargaan, 'Gonzo; the Life and Work of Hunter S.Thompson' yang dirilis Desember 2008. Film dokumenter karya pemenang Academy Award, Alex Gibney, tersebut membutuhkan ratusan foto dan lebih dari 200 jam tape audio, home movie, dan kutipan-kutipan dokumenter.

Depp tidak hanya memberi nyawa pada kata-kata Hunter, aktor yang memainkan gitar klasih untuk film Chocolat ini juga membiayai pemakaman spektakuler Thompson di mana abunya ditembakkan dari sebuah peluncur roket.

Meski banyak menghasilkan film-film box office, Depp belum menerima Oscar sebagai bentuk penghargaan talenta aktingnya walau sudah dua kali masuk nominasi. Namun Depp memenangkan penghargaan Golden Globe untuk Edward Scissorhands, Ed Wood, Benny and Joon, Finding Neverland, Pirates of the Caribbean I, dan Charlie and the Chocolate Factory.

Johnny Depp tampaknya tidak terlalu mempedulikan kurangnya pengakuan atas karya-karyanya dalam industri film ini. Menurut Depp, dia tidak pernah ingin menjadi aktor atau sutradara. Seterusnya dia adalah seorang musisi dan hal-hal lain hanya terjadi begitu saja. Depp dan sutradara Tim Burton dalam Alice in Wonderland (2010). Depp memainkan karakter Mad Hatter.



Nama : Johnny Depp
Tanggal lahir : 09 Juni 1963
Zodiak : Gemini
Lahir di : Kentucky
Homepage : http://www.johnnydepp.com/
Twitter : twitter.com/JOHNNYDEPP

Johnny Depp Interview For Alice In Wonderland Movie :