Emma Watson Biography


Debut Emma dalam dunia seni peran dimulai dengan memerankan Hermione Granger, satu dari tiga tokoh bintang dalam serial populer Harry Potter. Dunia panggung bukan hal baru bagi bintang remaja Inggris ini. Emma Charlotte Duerre Watson lahir di Paris, Prancis, 15 April 1990, dari orang tua yang keduanya berprofesi sebagai pengacara, Jacqueline Luesby dan Chris Watson. Bersama seorang adik laki-laki, Emma dan keluarga tinggal di Paris hingga Emma berusia lima tahun. Menyusul perceraian orang tuanya, Emma pindah ke Oxfordshire, Inggris, bersama ibu dan adiknya. Hasrat untuk menjadi seorang aktris sudah muncul saat Emma berusia enam tahun, dan selama beberapa tahun, kemampuan akting, menari, dan menyanyinya diasah di Stagecoach Theatre Arts, sekolah teater dari Oxford.

Pada usia sepuluh tahun, Emma tampil dalam berbagai drama sekolah dan juga bersama Stagecoach. Aktris yang mengidolakan aktor Johnny Depp ini ikut berperan antara lain dalam Arthur: The Young Years and The Happy Prince. Namun, Emma belum pernah terlibat seni peran profesional sebelum bergabung dengan produksi film Harry Potter.

Pada September 1998, saat baru berusia delapan tahun, Emma pindah ke Dragon School. Prestasinya terus bersinar di bidang akademis dan menjadi anggota tim debat sekolah. Kemampuan akademis tersebut bergabung dengan kecintaannya terhadap seni, terutama seni peran, dan olahraga, khususnya hockey lapangan.

Suatu hari, Emma yang berusia sembilan tahun, menjadi salah satu dari banyak siswi terpilih untuk mengikuti audisi pemeran Hermione Granger. Tim audisi berkunjung ke sekolah-sekolah di Inggris, terutama ke sekolah dengan kegiatan drama yang sangat baik. Gadis bermata coklat ini sangat antusias dengan kesempatan audisi tersebut karena dia keranjingan buku Harry Potter karangan J.K. Rowling tersebut dan karakter yang sangat dikaguminya adalah Hermione.

Setelah delapan kali audisi berikutnya, Emma dipanggil lagi ke Leavesden Studios. Dia bertemu dengan produser David Heyman yang mengenalkannya pada calon pemeran Harry Potter, Daniel Radcliffe yang saat itu berusia 11 tahun, dan calon pemeran Ron, Rupert Grint, yang saat itu berusia 12 tahun. Kemudian, Emma diberi tahu bahwa dia terpilih memerankan Hermione.

Rilis film Harry Potter and the Philosopher's Stone tahun 2001 adalah debut Emma di layar lebar. Kalangan pengritik film bahkan memuji akting tiga pemeran utama dan sering secara khusus memuji peran Emma. Harian The Daily Telegraph menyebut penampilan Emma mengagumkan. Emma masuk nominasi untuk lima penghargaan atas penampilan gemilangnya dalam Philosopher's Stone, dan memenangkan Young Artist Award for Leading Young Actress.

Satu tahun kemudian, Emma kembali memainkan karakter Hermione dalam Harry Potter and the Chamber of Secrets. Meski film itu sendiri mendapat berbagai tanggapan positif dan negatif, karakter tiga tokoh utamanya tetap meraup pujian. Emma menerima Otto Award dari majalah Jerman, Bravo, atas film kedua Harry Potter tersebut.

Tahun 2004, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban dirilis. Emma sangat menyukai peran Hermione yang lebih tegas. Menurut Emma, karakter Hermione dalam film ini karismatik dan fantastis untuk diperankan. Meski penampilan Radcliffe mendapat kritik, Emma menuai pujian. Dia memenangkan dua Otto Awards dan penghargaan Child Performance of the Year dari Total Film.

Dalam Harry Potter and the Goblet of Fire (2005), Emma dan pemeran utama lain tampil lebih dewasa. Berbagai pujian dilayangkan bagi Goblet of Fire dan pemeran-pemerannya. Emma masuk nominasi dalam tiga penghargaan untuk Goblet of Fire, dan memenangkan salah satu penghargaan Otto Award. Tahun itu juga, Emma menjadi model termuda yang tampil dalam sampul Teen Vogue. Tahun 2006, Emma memerankan Hermione dalam The Queen's Handbag, episode mini dari Harry Potter khusus untuk memperingati hari jadi ke-80 Ratu Elizabeth II.

Film kelima dari rangkaian film Harry Potter, Harry Potter and the Order of the Phoenix, rilis pada 2007. Film yang sukses meraup keuntungan itu membuat Emma memenangkan National Movie Award for Best Female Performance. Pada saat yang sama, seiring dengan popularitas Emma, Radcliffe, dan Grint, mereka mencetakkan telapak tangan, kaki, pesan di depan Grauman's Chinese Theater di Hollywood pada 9 Juli 2007.

Tayang perdana film Harry Potter and the Half-Blood Prince berlangsung pada 15 Juli 2009, setelah ditunda sejak November tahun sebelumnya, dengan para pemeran yang telah berada di usia akhir masa remaja. Pengambilan gambar untuk seri terakhir film Harry Potter, Harry Potter and the Deathly Hallows, untuk Emma dimulai pada 18 Februari 2009. Film yang dibagi menjadi dua bagian dengan alasan keuangan dan penulisan itu dijadwalkan akan dirilis pada November 2010 dan Juli 2011.

Film pertama Emma di luar Harry Potter adalah film Ballet Shoes (2007) dari BBC, film adaptasi novel berjudul sama oleh Noel Streatfeild. Sutradara Sandra Goldbacher mengatakan penampilan Emma sempurna. Ballet Shoes ditayangkan di Inggris pada Boxing Day 2007 disaksikan 5,7 juta penonton meski film tersebut secara umum tidak mendapat penilaian baik.

Emma juga ikut mengisi suara untuk peran Princess Pea dalam film animasi The Tale of Despereaux, komedi anak-anak dibintangi Matthew Broderick. The Tale of Despereaux dirilis Desember 2008 dan meraup US$87 juta dari seluruh dunia.

Pada April 2008, Emma dikabarkan ikut audisi untuk memerankan "Betsy" Bonaparte dalam film Napoleon and Betsy. Namun situs resmi Emma menyangkal rumor tersebut. Emma lebih memilih berkonsentrasi pada pendidikannya daripada berperan dalam film atau tayangan televisi.

Seiring bertambah usia, Emma tampak makin mencintai mode karena dia melihat dunia ini sangat mirip dengan seni. Tahun 2008, media Inggris mengabarkan bahwa Emma akan menggantikan Keira Knightley sebagai model rumah mode Chanel. Namun kabar itu dibantah oleh kedua pihak.

Pada Juni 2009, setelah rumor berbulan-bulan, Emma membenarkan bahwa dia akan menjadi mitra Burberry sebagai model bagi promosi baru mereka untuk koleksi musim gugur dan musim dingin 2009. Emma kemudian tampil dalam kampanye musim semi dan musim panas Burberry 2010 bersama adik lelakinya, Alex, musisi George Craig dan Matt Gilmour, serta Max Hurd. September 2009, Emma mengumumkan keterlibatannya dengan People Tree, merek fashion Fair Trade. Emma mengatakan, dia bekerja sama dengan People Tree untuk menciptakan busana yang akan dirilis akhir Februari 2010.



Nama : Emma Watson
Tanggal Lahir : 15 April 1990
Zodiak : Aries
Lahir di : Paris
Homepage : http://www.emmawatsonofficial.com/

Emma Watson Interview For Harry Potter Movie: