Dakota Fanning Biography


Sepanjang 2006 pendapatannya mencapai US$4 juta hingga dia berhak masuk dalam daftar bintang muda di bawah 21 tahun berpenghasilan terbesar. Hannah Dakota Fanning atau lebih populer dengan Dakota Fanning adalah aktris remaja Amerika yang mulai meniti karir sejak berusia lima tahun dengan membintangi iklan sabun detergen. Debut Fanning di layar lebar dimulai saat berperan sebagai putri seorang penderita gangguan mental, Sam Dawson (Sean Peann) dalam I Am Sam tahun 2001.

Sejak masih menjadi aktris cilik, Fanning telah muncul di sejumlah film bermutu seperti Man on Fire, War of the Worlds, dan Charlotte's Web. Fanning mulai bertransisi menjadi aktris remaja dengan membintangi Hounddog dan The Secret Life of Bees. Pemeran Jane The Twilight Saga: New Moon ini telah memenangkan beragam penghargaan dan menjadi nominator termuda untuk Screen Actors Guild Award.

Fanning mulai berakting saat berusia lima tahun dengan membintangi iklan sabun detergen produksi Procter & Gamble (P&G). Tawaran signifikan pertamanya adalah menjadi bintang tamu dalam drama di stasiun televisi NBC, ER. Fanning mengakui bahwa perannya di serial ER masih menjadi peran favoritnya sampai sekarang. "Saya memerankan seorang korban kecelakaan yang mengidap leukimia. Saya harus mengenakan penyangga leher dan selang oksigen selama dua hari kerja," katanya.

Fanning lahir di Conyers, negara bagian Georgia, Amerika Serikat pada 23 Februari 1994 dari Joy dan Steve Fanning. Kakeknya dalah pemain sepakbola Amerika, Rick Arrington, dan bibiny adalah mantan reporter ESPN, Jill Arrington. Darah Jerman mengalir dalam tubuh gadis yang masuk dalam tim pemandu sorak di Campbell Hall School, North Hollywood, California, ini.

Peran sebagai bintang tamu juga dilakukannya di beberapa serial televisi, termasuk CSI: Crime Scene Investigation, The Practice, dan Spin City. Dia juga memerankan tokoh utama Ally McBeal muda dan juga tampil dalam The Ellen Show. Tahun 2001, Fanning terpilih untuk berakting bersama Sean Penn dalam I Am Sam, kisah tentang penderita gangguan jiwa yang berjuang untuk mendapatkan hak perwalian atas putrinya yang diperankan Fanning.

Nominator Screen Actors Guild Award diperolehnya berkat peran apiknya dalam I Am Sam. Fanning yang saat itu berusia tujuh tahun menjadi aktris termuda yang pernah masuk dalam nominasi Screen Actors Guild Award. Fanning juga memenangkan penghargaan Best Young Actor/Actress dari Broadcast Film Critics Association.

Pada tahun 2002, sutradara Steven Spielberg memberikan peran Allison "Allie" Clarke/Keys dalam miniseri fiksi ilmiah Taken pada Fanning. Berkat perannya dalam Taken, Fanning menuai beragam pujian dari kalangan kritikus film.

Di tahun yang sama, Fanning tampil dalam tiga film: sebagai seorang korban penculikan dalam Trapped; versi muda karakter yang diperankan Reese Witherspoon dalam Sweet Home Alabama, dan sebagai Katie dalam Hansel and Gretel.

Fanning juga terlibat dalam film yang dirilis pada 2003, Uptown Girls, dan The Cat in the Hat.

Dalam periode 2002-2003, kakak aktris cilik Elle Fanning ini mengisi suara untuk empat film animasi, yakni tokoh Satsuki dalam versi Bahasa Inggris My Neighbor Totoro; gadis kecil dalam serial Family Guy di stasiun televisi FOX; dan Wonder Woman muda dalam episode Justice League di Cartoon Network.

Tahun 2004, Fanning tampil dalam Man on Fire sebagai Pita, gadis sembilan tahun yang merebut hati pensiunan tentara bayaran (Denzel Washington) yang disewa untuk menjaga Pita dari para penculik. Dalam Hide and Seek (2005), Fanning menjadi lawan main Robert De Niro. Fanning juga mengisi suara karakter Lilo (menggantikan Daveigh Chase) dalam film Lilo & Stitch 2: Stitch Has a Glitch.

Gadis yang hobi mengoleksi boneka ini mendapat peran kecil dalam film Rodrigo Garcia, Nine Lives (2005). Fanning juga merekam suara untuk film Coraline. Akhir Oktober 2004, Fanning menyelesaikan pengambilan gambar untuk Dreamer: Inspired by a True Story (bersama Kurt Russell).

Fanning menjadi anggota terdaftar organisasi khusus remaja, Girl Scouts of the USA (GSUSA) melalui sebuah upacara khusus, yang kemudian disusul dengan pengambilan gambar para anggota Girl Scouts of the San Fernando Valley Council. Fanning bukan anggota bukan anggota pasukan tersebut, tetapi terdaftar sebagai "Juliette", gelar GSUSA untuk para remaja yang terdaftar secara independen.

Bersama Tom Cruise, Fanning membintangi War of the Worlds. War of the Worlds dan Dreamer: Inspired by a True Story sama-sama mendulang kesuksesan. Sutradara Steven Spielberg memuji ketangkasan Fanning dalam memahami situasi dalam adegan film, menyesuaikannya, dan bagaimana menerapkan itu dalam situasi sebenarnya.

Setelah merampungkan War of the Worlds, Fanning tanpa jeda terlibat dalam film Charlotte's Web di Australia yang selesai pada Mei 2005 dan rilis pada 15 Desember 2005.

Sepanjang pertengahan musim panas 2006, Fanning terlibat dalam pembuatan film Hounddog. Orang tua Fanning mendapat kritik karena mengizinkan putri mereka melakukan adegan diperkosa. Namun, Fanning menegaskan bahwa pemerkosaan yang sebenarnya tidak terjadi. "Ini adalah film, dan itu yang disebut akting," katanya pada Reuters.

Tahun 2006, pada usia 12 tahun, Fanning diundang untuk menghadiri Academy of Motion Picture Arts and Sciences, sehingga dia menjadi anggota termuda dalam sejarah Academy. Penghasilannya sepanjang 2006 mencapai US$4 juta hingga dia berhak masuk dalam daftar bintang muda di bawah 21 tahun berpenghasilan terbesar.

Pada Maret dan April 2007, Fanning terlibat dalam Fragments - Winged Creatures, bersama Kate Beckinsale, Guy Pearce, Josh Hutcherson, dan pemenang Academy Award, Forest Whitaker, serta Jennifer Hudson. Fanning berperan sebagai Anne Hagen, seorang gadis yang menjadi saksi pembunuhan ayahnya.

Pada Juli 2007, Fanning melakukan pengambilan gambar selama tiga hari untuk film pendek berjudul Cutlass yang disutradarai oleh Kate Hudson. Dari September hingga Desember 2007, Fanning memerankan karakter Cassie Holmes dalam film Push.




Nama :
Dakota Fanning
Tanggal lahir : 23 Februari 1994
Zodiak : Pisces
Lahir di : Georgia

Dakota Fanning Interview :